Pages

Monday, January 30, 2023

Tips cara mengatasi anak yang tidak suka matematika


Tips cara mengatasi anak yang tidak suka matematika- Umumnya orang berpikir pelajaran matematika itu sulit di pahami sehingga jadi membosankan dan enggan untuk mempelajarinya. Oleh karena itu anak-anak tidak suka pelajaran matematika karena pola piker sudah salah dari awal. Tugas kita sebagai orang tua atau pendidik harus merubah pola piker mereka dari pola berpikir matematika itu sulit dan membosankan menjadi mudah dan menyenangkan. Beberapa pertanyaan di bawah ini sering sekali di tanyakan oleh anak maupun orang tua

Kenapa anak tidak bisa matematika?

Apakah kita harus pintar matematika?

Mengapa matematika ditakuti?

Kenapa saya tidak bisa matematika?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas berikut ini beberapa Tips cara mengatasi anak yang tidak suka matematika yang sebaiknya di coba praktekkan Bersama-sama anak.

 

Fakta orang yang suka matematika

Tanamkan dalam pikiran anak bahwa Matematika itu menyenangkan

 Agar belajar matematika menyenangkan anda harus tahu Teknik-teknik dalam pembelajaran matematika, salah satu nya melalui game edukasi Matematika. Banyak sekali game edukasi Matematika anda bisa mencari nya di Google dan sesuaikan dengan tingkatan usia dan materi pelajaran anak. Dengan belajar matematika dengan cara seperti tentu akan membuat anak senang sehingga mereka akan berpikir bahwa matematika itu menyenangkan.

Berikan Motivasi dan jaga semangat belajar Anak

Motivasi dan semangat yang anda berikan secara konsisten akan membuat percaya diri anak semakin bertambah. Jadilah teman belajarnya , jangan sekali-kali memarahi saat nilai ulangan nya jelek tapi coba tanyakan di mana kesulitannya. Coba Analisa hasil ulangan Harian nya, dimana letak kesalahan nya. Jika anda tidak mengerti anda harus berkonsultasi dengan pihak lain misalnya bimbingan belajar.

Ungkap fakta-fakta menarik dari pelajaran matematika

Banyak sekali fakta-fakta unik dalam matematika seperti keajaiban angka 9 , jumlah angka dari 1 sampai 100, dll. Menceritakan biografi tokoh-tokoh matematika seperti Euclid , Phytagoras , Penemu Aljabar Al Khawarizmi. atau ilmuwan matematika lainnya juag bisa membantu anak agar senang dengan pelajaran matematika. Karena bisa saja mereka terinspirasi dengan tokoh-tokoh itu.

 Ciptakan suasana yang tenang

Untuk belajar hal-hal baru di perlukan suasana yang tenang dan nyaman , termasuk juga dalam belajar matematika. Anak-anak perlu tempat khusus seperti meja belajar dan ruangan yang nyaman tanpa terganggu kebisingan atau hal-hal lain yang dapat merusak konsentrasinya.

Berikan penjelasan dengan Bahasa yang Mudah di mengerti

Dalam memahami materi kebanyakan anak-anak kesulitan dalam memahami Bahasa buku yang baku, jika tidak di bombing maka mereka akan malas dan enggan belajar matematika. Tugas kita sebagai guru atau orang tua perlu memberikan penjelasan dengan Bahasa-bahasa yang mudah di mengerti anak tentu nya tidak merubah makna dan konsep materinya. Jika perlu gunakan media dalam bentuk video atau visual untuk memperjelas konsep.

Libatkan anak secara aktif

Saat kita menjelaskan suatu materi matematika sebisa mungkin mengajak anak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Anak akan mengantuk jika jika hanya diam mendengarkan saja , ajukan pertanyaan di tengah-tengah penjelasan agar ia tetap fokus dan berkonsentrasi dalam belajar. Begitu juga saat membahas soal atau PR sekolahnya pancing anak agar berpikir dengan menggunakan Bahasa yang mudah mereka mengerti.

Tips belajar matematika agar cepat paham

Setisp orang tentu mempunyai cara belajar masing-masing agar cepat paham dan mengerti suatu materi. Dalam belajar Matematika cara-cara di bawah ini bisa di coba praktekkan agar cepat paham dalam belajar Matematika

Melatih logika berpikir

Dalam matematika kemampuan berpikir menganalisa masalah , membuat kesimpulan dan menyelesaikan masalah ( problem solving) adalah kemampuan yang mutlak di perlukan. Oleh karena itu melatih logika berpikir sangat lah penting , cara nya dengan rutin dan konsisten berlatih mengerjakan soal setiap hari. Mulai lah dengan mengerjakan soal-soal matematika yang mudah terlebih dahulu

Belajar secara berurutan

Dalam belajar matematika setiap materi yang di pelajari tentu saja merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya. Oleh karena itu pelajari dan kuasai materi dasar sebelum melanjutkan ke materi berikutnya. Misalnya jika ingin belajar Aljabar maka materi pecahan dan bilangan bulat harus di kuasai terlebih dahulu.

Buat Catatan dan Ringkasan


Buatlah catatan atau ringkasan rumus-rumus sebelum mengerjakan soal Latihan di akhir BAB ini akan membantu untuk mengingat Kembali materi yang sudah di pelajari sebelumnya. Buatlah catatan anda sendiri yang anda mengerti sendiri terkadang guru tidak menuliskannya.

Berlatih mengerjakan PR sendiri

Sebisa mungkin kerjakan PR dari sekolah sendiri dulu , coba buka Kembali rangkuman rumus atau materi yang sudah di buat. Jika memang sulit anda bisa mengajak teman untuk belajar bersama

Intinya agar belajar matematika agar cepat paham adalah konsisten berlatih , pahami konsep dasar serta gunakan rumus dan metode yang telah kalian pelajari. Itulah beberapa cara mengatasi anak yang tidak suka matematika. Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan- Pythagoras.

No comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik meninggalkan komentar, saran dan kritik sangat kami harapkan untuk perbaikan blog ini. Terima kasih sudah berkunjung^-^